jump to navigation

Fenomena Sentisisasi Pada Stainless Steel 6 Juli 2012

Posted by just.ery in Pengelasan.
trackback

Sensitisasi adalah sebuah fenomena yang terjadi dalam stainless steel yaitu ketika stainless steel dipanaskan antara  suhu 400-850 ° C. Sehingga terjadi pengendapan krom karbida sepanjang batas butir Stainless Steel.

Baja paduan Cr-Mn dan Cr-Ni-Mn juga rentan terhadap intergranular korosi sebagai akibat dari fenomena Sentisisasi ini.

Dalam suatu kasus dari baja tahan karat austenitic, ketika baja tersebut dipanaskan pada kisaran suhu sekitar 500 °C sampai 800 ° C terjadi penipisan Cromium pada daerah batas butir. Sehingga mengakibatkan rentan terhadap korosi intergranular.

Fenomena Sensitisasi pada baja tahan karat austenit dapat terjadi karena persyaratan suhu kerja, seperti dalam generator uap, atau sebagai hasil dari pengelasan.

Metode Menghindari Sentisisasi.

  1. Dengan perlakuan panas, biasanya disebut solusi-anil, anil-quench atau solusi-quenching. Dipanaskan sampai suhu sekitar 1.060 °C sampai 1.120 ° C dan kemudian di quenching dengan air, sehingga kromium karbida akan larut ke dalam butiran dan tidak sempat terjadi presipitasi. Metode ini umumnya tidak cocok untuk komponen yang besar, dan juga tidak efektif dimana pengelasan kemudian digunakan untuk perbaikan atau untuk memasang struktur lainnya.
  2. Untuk mencegah korosi intergranular dpt melibatkan gabungan pembentuk karbida kuat atau elemen penstabil seperti niobium atau titanium dalam baja tahan karat. Elemen tersebut memiliki afinitas yang jauh lebih besar untuk karbon daripada kromium; pembentukan karbida dengan elemen-elemen ini mengurangi ketersediaan karbon pada baja paduan dalam pembentukan karbida krom.
  3. Cara lainnya adalah  kandungan karbon dalam stainless steel  dapat dikurangi sampai 0,03 % sehingga karbon tidak cukup tersedia dalam pembentukan karbida.

Semoga bermanfaat ^_^

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: