jump to navigation

PENGELASAN BESI TUANG DENGAN BAJA 27 Juli 2011

Posted by just.ery in Pengelasan.
trackback

Salah satu jenis besi tuang yang tidak dapat di Las adalah besi tuang putih (white cast iron) yang kaya akan carbide. besi tuang ini sama sekali tidak memiliki mampu las, sehingga sangat kecil kemungkinan tingkat keberhasilannya untuk dilas karena kecenderungannya untuk retak sangatlah besar.

white cast iron microstructure

white cast iron microstructure

Untuk jenis besi tuang yang lain seperti malleable, nodular dan gray cast iron dapat dilaskan pada baja dengan menggunakan bahan pengisi yang berbasis nickel. namun itu saja belumlah cukup jika sambungan las nya di syaratkankan harus memiliki sifat yang daktil dan kuat secara mekanis.

Tahap pertama

Untuk mendapatkan  daktlitas dan kekuatan mekanis yang memadai sebaiknya sebelum dilakukan pengelasan pada kedua bahan tersebut. Pada sisi besi tuang terlebih dahulu dilakukan buttering dengan electroda dari bahan yang berbasis nickel (ENiCrMo-6). tetapi jika di dalam pengelasannya tidak disyaratkan harus memiliki sifat tsb tidak perlu dilakukan metode buttering. lihat gambar di bawah

lakukan proses buttering dengan 2 lapisan dengan pemanasan awal 300-400 C lebih baik, karena dengan pemanasan awal otomatis akan memperlambat pendingin sehingga dapat mencegah terjadinya crack

Tahap kedua

setelah proses butterin selesai pada sisi cast iron, kemudia dapat dilakukan penyambungan antara keduanya dengan menggunakan electroda (ENiCrFe-3), dengan tetap pemanasan awal dan suhu interpasnya tetap dijaga 300-400 C.

karena sifat cast iron yang berdaktilitas dan berekpansi thermal rendah maka tegangan pengkerutan (shrinkage stresses) di dalam logam harus dibuang, dengan cara peening, yakni dengan memukul mukul sambungan las yang baru mendingin (segera setelah pengelasan selesai).

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: