jump to navigation

menyatukan dua atau lebih logam dgn menghilangkan lapisan oksida yg menempel di permukaannya 27 April 2011

Posted by just.ery in Pengelasan.
trackback

Tau ngak sebenarnya struktur atom logam tersebut dapat disatukan tapi dgn syarat jarak antara atomnya nol koma sekian mikron, tetapi ada sesuatu yang dapat menghalanginya sehingga sulit untuk disatukan…

apakah sesuatu yang menghalaginya itu…?

jadi menurut teorinya yang masih saya ingat struktur atom itu dapat berikatan satu sama lain asal jarak antar atomnya seper sekian mikron, itu pun tergantung jenis unsur logam nya dan kekuatan tarik antar atomnya.
seperti halnya batangan magnet yg pada jarak tertentu akan dapat saling menempel.

Tapi  ngak sesimpel itu, seperti kita ingin menempel dua buah batang besi/logam yg terpisah yang kemudian kita tempelkan lalu keduanya dapat menjadi satu kesatuan. tidak tidak semudah itu..
ada suatu lapisan pelindung, lapisan ini hampir ada pada semua jenis logam. Dan lapisan inilah yg memberikan jarak antar atom itu, sehingga kedua logam yang terpisah sulit dan tidak bisa disatukan dengan mudah..

lapisan apakah itu ??

lapisan itu bernama lapisan oksida


apakah lapisan oksida itu ??

lapisan oksida sebenarnya adalah lapisan yg melidungi logam dari serangan karat yg diakibatkan oleh lingkungan disekitarnya. Lapisan ini terbentuk karena terjadinya reaksi kimia antara unsur kimia logam dengan oksigen.. misalnya unsur Fe (besi) akan menjadi Fe2 O3. unsur Chromium yg biasanya terdapat pd Stainless steel. Akan menjadi lapisan oksida Cr2 O3 atau kromium oksida.. lapisan2 inilah yg nantinya akan menjadi pelindung terjadinya korosi atau karat.. tetapi tidak semua lapisan oksida pada setiap unsur logam itu sempurna lho, contohnya aja besi dia mempunyai lapisan oksida yg tidak sempurna alias retak2 seperti halnya kalau kita melihat tanah kering yag retak, oleh sebab itu mgp kita sering melihat baja/besi mudah terkena korosi/karat, krn melalui celah2 itulah terjadinya korosi..

sekarang timbul pertanyaan lagi, mengapa lapisan oksida dapat memberikan jarak antar atom..??

itu di karenakan lapisan oksida akan membentuk lapisan tipis film yg melapisi dgn ketebalan sekian mli mikron tergantung unsur kimia logamnya.. oleh karena adanya lapisan itulah makanya kita sulit untuk menyatukan dua logam yg berbeda..

terus bagaimana cara menyatukannya??

Cara menyatukannya yaitu dengan menghilangkan lapisan oksidanya..

Bagaimana cara menghilangkan lapisan oksidanya.?

Banyak berbagai teknik cara untuk menghilangkan lapisan oksida, perlu diketahui lapisan oksida ini walau telah dihilangkan dia akan dalam sekejap akan meuncul lagi, oleh krn itu perlu dilakukan secara continuoe.
Banyak cara menghilangkan lapisan oksida dan menyatukan dua logam yg terpisah tersebut, salah satucaranya dgn memberikan panas pada sampai suhu tertentu, tetapi tidak sampai pada suhu yg dpt melelehka logam, ttp pada suhu dimana lapisan oksida itu akan hilang, kemudian baru dilakukan penyatuan dua logamyg terpisah tsb dgn cara memberi tekanan hingga menyatu..

Teknik ini telah lama dilakukan oleh orang2 bahkan sejak zaman sebelum mahasehi.. yaitu teknik penempaan, dimana teknik ini dgn membakar logam tersebut kemudian dilakuan pemberian tekanan / atau sebut saja di palu pada kedua logam tersebut agar menyatu.. tetapi dengan berkembangnya teknologi sekarang, teknik penyatuan logam tersebut telah berkembang menjadi berbagai macam metode, salah satu contoh rol panas / seam weld utk penyatuan dua logam, metode lain yaitu las titik (spot weld) dgn menggunakan energi listrik utk sumber panas, dan masih banyak teknik lain utk penyambungan dua logam tersebut.

semoga bermanfaat

by ery

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: